Selasa, 18 Maret 2014

Pengalaman Menyapih Anak

Hari Sabtu kemarin tgl 15 Maret 2014 aku rencanakan mau menyapih Dzaky, karena 4 hari lagi usianya udah 2 tahun tgl 19 Maret 2014.
Lalu aku pergi ke pasar beli jamu, maksudnya mau nanyain brotowali, kata mbah jamu bilangnya ga usah pake brotowali, pake jamu pahitan sambiloto aja nih. diolesin ke nenennya kalo pas mau nenen.
yang laen juga pada berhasil kok pake jamu ini.
ya udah aku beli jamu pahitan sambiloto ini.

Pas jam 09.00 pagi Dzaky minta nenen, terus aku bilang kalo nenennya pahit, nih mau cobain..
lalu aku olesin jamu pahitan ke putingnya sebelum di nenen, trs dikasihin ke dzaky.
tuh kan pahit, dzaky nya kepahitan. ait ait, nenen ait katanya.. ya udah Dzaky minum susu kotak ultra aja ya... iya!

Siang pas mau bobo jg begitu lagi, puncaknya pas mau bobo malam, dzaky nangis minta nenen ngamuk-ngamuk..nendangin aku. terus nangis ampe kecapean langsung tertidur lagi, ga tega lihatnya tapi ya harus di tega-tega in.

Keesokannya kok payudara aku agak keras seperti ada kelerengnya, lama kelamaan kencang dan sakit, ampe tidur siang pun ga nyaman. bilang ke Ibu katanya Ga boleh dikeluarin nanti malah ga habis asi nya. jadi aku tahan sampe malam, wah rasanya ga nyaman banget!, tiduran salah, miring kena bantal sakitnya minta ampun, apalagi kesenggol rasanya bengkak, berat, nyut-nyutan!.
sampai pagi, aku akhirnya bilang ke suami, Yah...ini rasanya sakit banget, ga kuat ngerasainnya...
Akhirnya pagi itu Dia ga kerja, kerja setengah hari, mau antar ke dokter dulu.
Akhirnya aku ke bidan, dia menjelaskan kalo bengkak harus dikeluarkan asi nya, dikompres pake air hangat dulu baru dikeluarkan pelan-pelan. dikasih surat sakit 2 hari. Lumayan 2 hari dirumah nemenin Dzaky.

Pulang kerumah saya langsung mandi sambil memerah asi, kanan kiri di uyeg-uyeg dulu lalu diperah pakai tangan, sistem 3 jari. lumayan lama sambil mandi. sementara dzaky sama ayahnya main.

Malam kedua Dzaky masih rewel. Pas mau bobo dia merintih nenen..nenen.., tarus saya bilangin iya pegang aja ya.. sama dzaky malah didorong pake tangannya.. hehe
saya elus-elus punggungnya sampai dzaky tertidur. malam hari dia bangun minta susu.

Esok hari Ayah dah mulai kerja lagi, tinggal kita berdua dirumah Dzaky. 
Ya Allah Dzaky dirumah manja, buat ulah ini itu, dan ga mau makan, maunya minum susu terus... aku ga sabar jadi marahin dia, astagfirulloh.... sabarkan hamba menghadapi Dzaky ya Allah..

Malam ketiga Dzaky masih rewel bobonya. Pas mau bobo dia merintih nenen..nenen.., tarus saya bilangin iya pegang aja ya.. sama dzaky malah didorong pake tangannya.. hehe
saya elus-elus punggungnya sampai dzaky tertidur.

Alhamdulillah Dzaky sudah ga sering inget nenennya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar